Tip Membeli Tanah

Tanah adalah unsur primer / pokok untuk pembangunan, pengembangan suatu property baik : rumah, ruko, apartemen, gudang dll, Kegunaan tanah sangat penting dalam industri bisnis property disebabkan oleh Nilai tanah bernilai tinggi

Tip Membeli Tanah

1. Tidak terpengaruh oleh kadarluasa waktu 2. Asset tetap dengan sertifikat kepemilikan, tidak dapat dipindahkan kepemilikannya jika tak dijual 3. tidak bisa dicuri sebab wujud tanah kelihatan secara fisik 4. Nilai jualnya semakin lama semakin naik tidak pernah turun.  Beberapa tip membeli tanah adalah sebagai berikut :

         Perlu diingat tanah nilai kegunaannya juga sangat tinggi dibutuhkan semua manusia yang masih hidup / mati sekalipun butuh tanah yang masih hidup anak anak, remaja,  orang tua, anak dewasa semua membutuhkan kegunaan tanah baik sebagai tempat tinggal, tempat kerja, rekreasi dll yang semua itu mustahil tanpa adanya tanah, begitu juga untuk orang yang sudah mati butuh tanah untuk dikuburkan menghadap tuhannya  alhasil semua membutuhkan tanah. Pemilihan lokasi tanah hendaknya memperhatikan rencana tata ruang ( RTRW ) berdasarkan kabupaten / kota setempat terhadap pemanfaatan dan pengembangan bangunan diatasnya.
Dalam RTRW KDB (koefesien dasar bangunan ) = 70 % x KLB ( koefisiean luas bangunan ) dengan ketinggian lantai / lapis 4 tingkat maksunya begini gan. Maksudnya begini gan pembangunan wisma / rumah hanya boleh membangun sampai 4 lantai, jika lebih maka akan dikenakan penalty / denda. Tanah yang boleh dibangun bangunan KDB 70 % x Luas bangunan KLB, misalnya luas tanah 200 m2 maka KDB = 140 m2,  dengan total luas bangunan ( 2 x dari skala 1 sd 6 )  2 x 140 m2 = 280 m2 dibangun dengan 4 lantai. Perhitungan tersebut sangat penting dan harus  dimengerti secara setiap orang yang akan membeli tanah, diperuntukan apakah tanah yang ia beli, ruko / rumah / apartemen dll dan konstata KDB / KLB harus mengikuti di kota / kabupaten agan membeli tanah tersebut. Misalnya KDB Sulawesi pasti berbeda dengan KDB Irian jaya.  Juga di perhitungan RTRW ( rencana tata ruang wilayah ) supaya semua berjalan lancar tanpa gangguan yang akan datang, misalnya jangan sampai agan bangun rumah di pinggir jalan besar setelah 2 tahun terkena gusuran karena pelebaran jalan disebabkan agan tak tahu RTRWlahan tersebut.  selain itu juga tanah yang mau dibeli surat surat lengkap, absah secara legal jangan sampai agan membeli tanah dengan surat surat / sertifikat ganda, palsu, sengketa, untuk itu cek ke BPN ( badan pertanahan nasional ) supaya aman tidak masalah kedepannya.
         Pemilihan tanah sebenarnya sesuai selera seseorang kalau dia suka pasti dibeli, tapi demikian harus melihat menganalisa yang sesuai dengan kelayakan umum maksudnya harus bankable (sesuai dengan keinginan Bank ). Biasaya tanah yang bagus lokasinya adalah tanah dengan lokasi datar yang akses jalannya masuk mobil minimal / berada dipinggir jalan utama,  tidak turunan atau tanjakan, tanah turunan, tanjakan sulit susah dijual dibandingkan dengan tanah datar secara logika juga susah untuk parker mobil, rawan longsor, banjir. Kondisi lingkungan juga perlu diperhatikan misalnya lokasi tanah jangan dekat lokasi pelacuran, miras, pemakaman umum, tempat tongkrongan tidak jelas sebab lokasi itu akan mengganggu privasi keamanan jika nanti kita bangun rumah untuk tinggal keluarga.   
         Selain itu bentuk tanah juga harus persegi / kotak atau gentong kecil didepan tapi dibelakang luas itu juga bagus itu memudahkan agan memanfaatkan lahan itu untuk membuat rumah. Jangan sekali kali membeli tanah dengan bentuk yang aneh aneh lonjong, segitiga, trapesium, � lingkaran sebab tanah tersebut sulit untuk dimanfaatkan oleh penggunanya, disamping harga akan turun dipasaran karena bank akan menilainya dengan harga rendah hingga akan sulit untuk dijadikan jaminan pinjaman uang untuk usaha. Intinya gini gan beli tanah jangan ditempat yang tidak strategis lokasinya pastikan lokasi mempunyai nilai ekonomis tinggi. Digunakan mudah, dijual kembali mudah pula tapi nilai jual konstan dan malahan naik secara signifikan. 
tag : tip membeli tanah, RTRW, koefisien KDB KLB,  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *