Tip Membangun Rumah Sendiri

Tip Membangun Rumah Sendiri
Tip bangun rumah sendiri

Tip membangun rumah sendiri pasti menjadi keinginan dari banyak orang. Karena prinsip rumah atau tempat tinggal permanen adalah impian bagi semua  orang. Tapi banyak orang  merasa sangat kesulitan untuk memulai membangun hunian idaman. Pada dasarnya membangun rumah sendiri tidak sulit asal kita tahu step langkah langkahnya :

Langkah yang perlu diperhatikan membangun rumah sendiri
Pertama adalah lokasi. Faktor lokasi ini juga akan berpengaruh terhadap faktor  biaya yang perlu dipersiapkan untuk membuat rumah idaman anda. Semakin strategis lokasinya, semakin tinggi pula biaya yang harus dipersiapkan. Untuk itu,  faktor  lokasi perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah nanti kita biasanya  membuat bangunan yang  sesuai dengan kemampuan kita atau tidak. Solusinya cari lokasi rumah yang harga tanah area tersebut sesuai dengan anggaran beli dan bangun sobat.  Sebagai gambaran, di kawasan Jabodetabek, pada tahun 2010 , rumah murah bisa dibeli dengan harga sekitar 250 juta rupiah. Di tahun 2013 ini, rumah jabodetabek seharga 350 juta sd 500 juta bahkan ada yang lebih tinggi harganya,  atau contoh lain rumah type 36 di Gunung putri tahun 2010 masih ada yang seharga 110 juta tapi tahun 2013 sudah naik rata rata menjadi 270 juta sd 300 juta d wilayah komplek perumahan.
Perlunya gambar kerja dan desain lengkap
Setelah menentukan lokasinya, tahapan lain yang perlu diperhatikan adalah saat mendesain rumah itu sendiri. Dalam mendesain rumah, anda bisa saja menggunakan jasa arsitek gambar menyeluruh rumah sobat.Pilih model, type yang sesuai dengan selera sobat. Untuk proses pembangunan gunakan pemborong kecil saja diupah secara borongan itu disesuaikan dengan tawar menawar dengan mandor borong tersebut, rumah jadi upah dibayar seluruhnya usahakan gunakan mandor pemborong yang sudah sobat kenal supaya tahu kualitas kerja sebelumnya baik kerja acian, plafon, cor coran, dll. 

Dalam mempersiapkan hunian pribadi, gambar kerja yang detil juga diperlukan agar rumah anda dapat terbangun dengan sempurna. Jika memang anda merasa langkah-langkah dalam proses membangun rumah yang anda inginkan agak rumit, pastikan anda atau tukang anda memahami rencana bangunan rumah.

Tahapan selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan bangunan untuk rumah sendiri adalah menentukan estimasi material yang akan digunakan. Material yang nantinya digunakan tersebut merupakan investasi jangka panjang yang perlu anda di prediksi sejak awal berapa biaya material keseluruhan dari awal sampai akhir wajib dihitung detail. Di satu sisi, anda memang perlu mempertimbangkan harga material yang mahal pada saat membangun  membuat  pengeluaran sobat membengkak untuk itu gunakan material sesuai anggaran kantong sobat. Langkah terakhir hitung total upan borongan mandor pemborong secara detail dari awal membangun sampai selesai. Jika langkah ini dilaksanakan dijamin sobat akan mampu selesai membangun rumah sobat sendiri.
Hal yang tidak kalah penting dalam adalah awasi mandor dan  tukang  sobat yang akan dipekerjakan agar pekerjaan berjalan sesuai gambar arsitek rumah sobat

Langkahcara  pembangunan rumah  sendiri memang tidak semudah teori yang dijelaskan dalam banyak posting di internet maupun di media lain. Tapi setidaknya, ini adalah gambaran umum , masukan dari kawan, teman, orang lain juga perlu dipertimbangkan sobat. Semakin banyak informasi maklumat pengetahuan maka dijamin sobat akan otomatis mahir dengan sendirinya. 

tag : tip membangun rumah sendiri, gunakan jasa mandor pemborong, jasa arsitek individu, langkah membangun rumah sendiri.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *