Penyebab harga property melejit tidak wajar

sebab harga property naik melejit tidak wajar

Penguasaan lahan oleh pengembang di wilayah tertentu dengan membangun perumahan di tempat tersebut dengan fasilitas internal yang baik.  Proyek tersebut merupakan proyek satu satunya tak ada saingan sama sekali baik secara modal, desain, lokasi sebab mereka di dukung dengan keuangan  modal yang sangat besar serta pengalaman.
Pesaing mereka hanyalah pengembang lokal minim modal, lahan kecil, desain lokal,  tentu akan kalah bersaing dengan modal besar, punya lahan luas, terlebih memang sudah pengalaman sejak lama, ditambah modal berlimpah dari bank atau pihak ke 3. 

Proyek mereka baru di launching saja sudah ludes 75 % padahal bangunan properti tersebut belum ada  si pembeli rela antri demi dapat NUP ( nomor urut pembeli ) untuk membeli properti tersebut baik rumah, apartemen, ruko dll. Hari pertama ludes sudah pembelian lahan properti beserta bangunannya. Yang jadi pertanyaan kenapa mau membeli bangunan tersebut ? sebab si pemodal pengembang tersebut menjanjikan prospek profit pertahun bisa 20 � 30 % keuntungannya dari harga beli awal wah wah menggiurkan sekali. Jual tahun pertam untuk 20 %, jual tahun ke tiga untung 20 % jual tahun keempat untung 20 % makin lama harga akan makin naik terus sobat mau beli di tahun keberapa, Jika sobat banyak duit beli aja tahun keenam tentu harganya sudah melambung tinggi jual lagi tahun ketiga kira kira buble tidak harganya ( sulit terjual ) karena melambungnya harga property tersebut secara bertubi tubi apakah harga properti itu sulit terjual, tidak selama masih ada yang mau beli pasti laku saja itu properti, karena memang sipembeli spekulan / investor sudah kehabisan modal ( uang cash ), jika masih punya uang sikat saja beli terus aku akan kaya raya tahun esok hargakan berlipat lipat.  Kesimpulan jadi pembeli properti dikarenakan semata mata untung besar tahun ke depan bukan murni ditinggali oleh mereka. 

Dari cerita diatas maka jelas penguasaan lahan secara monopoli luas puluhan hektar bahkan lebih  untuk dibangun properti maka akan memicu naiknya harga tersebut ditahun tahun yang akan datang. Terlebih fasilitas internal lengkap ditambah infrastruktur pemerintah sudah baik, selokan, jalan, sekolahan, pasar  sudah ada maka secara otomatis akan menaikan harga property tersebut. Dengan ini semua masyarkat yang berpenghasilan pas pasan ekonomi menengah bawah / yang hanya berpenghasilan gaji bulanan akan sulit bagi mereka membeli rumah di daerah yang sudah dimasuki  pengembang modal besar dengan memonopoli lahan luas puluhan hektaran untuk proyek rumah atau apartemen mereka,  karena harga sudah pasti akan naik melejit terus menerus. Ujung ujungnya sikaya makin kaya oleh sebab itu ibarat gunung diruk dan sumur digali orang kaya semakin kaya raya sebaliknya para simiskin semakin miskin, kekayaan hanya berputar putar di orang orang tertentu saja tidak beredar kemasyarakat luas.

tag : harga rumah property melejit, spekulan, pengembang, NUP, developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *