MENAIKAN STATUS HGB MENJADI SERTIFIKAT SHM

cara menaikan status hgb jadi sertifikat rumah shm

Ini adalah tulisan / artikel yang akan menjelaskan bagaimana cara menaikan HGB menjadi SHM . Alasan apa untuk  dinaikkan ke SHM. Untuk itu mari kita pelajari dulu HGB . HGB atau hak guna bangunan berarti kita diberikan hak untuk menggunakan tanah beserta bangunan yang sedang kita tempati atau yang tercantum pada serifikat rumah sobat, pada umumnya sertifikat HGB memiliki tenggang waktu antara 25-30 tahun yang selanjutnya boleh diperpanjang ualng  sepanjang 20 tahun, Jika masa umur HGB habis wajib diperpanjang ulang ke pemerintah, Jika HGB kita sudah jatuh tempo wajib perpanjang ulang maka rumah sobat bisa disegel pemerintah, mesti urus sana sini karena tanpa sertifikat ini kita sewaktu2 dapat digusur dengan mudahnya oleh yang berkepentingan yang dalam hal ini tentunya pemerintah. Beda halnya ketika kita sudah memiliki SHM, Supaya  kita tidak takut was was  jika suatu saat terjadi konflik tentang tanah yang sedang kita tempati, karena kita talah memiliki sertifikat yang kuat untuk mempertahankan tanah yang sedang kita tempati.

Simaklah bagaimana cara menaikansertifikat HGB ke SHM
1. Persiapkan syarat syarat untuk mengurus nya yaitu
    – Sertifikat Asli HGB
    – Foto kopi IMB rumah sobat
    – Foto kopi KTP dan KK jati diri sobat
    – Foto kopi PBB tahun terakhir.
Syarat syarat  tersebut harus disiapkan dulu dirumah agar ketika kita ke kantor BPN untuk mengurus, tidak perlu repot lagi mencari tempat foto kopi. Sebaiknya dilengkapi semua sejak dari awal rumah supaya sobat tidak kerepotan lagi bolak balik foto copi ini itu.

2. Membeli Formulir Penaikan hak dan surat keterangan tidak memiliki tanah lebih dari kalo ga salah    5000m2, formulir ini sudah satu paket, dapat kita beli di koperasi BPN dengan harga Rp.10.000,-

3. Isi formulir dan menandatangani diatas materai formulir tersebut. Kalo ga bawa materai bisa di beli juga di koperasi BPN. Pokoknya lengkap deh… tapi lebih baik sih siapin aja dari rumah biar ga repot lagi, jangan lupa bawa lem kertas, materai.

4. Sesudah selesai semua syarat dan formulir telah diisi langsung menuju ke lantai 2, langsung aja ke bagian penaikan atau penurunan Hak sertifikat (di sepanjang meja ada keterangan bagian2nya, kalo takut salah ya nanya saja ke salah satu petugas yang ada di situ ya harus Tanya Tanya kepetugas disekir biar tidak salah.

5. Sesudah memberikan formulir dan syarat syaratnya  kepada petugas kita diminta untuk menunggu sejenak pengecekan surat dan syarat yang telah kita berikan.

6. Sesudah semua syarat OK, kita akan dipanggil untuk membayar biaya tersebut. yang dalam hal ini saya sebagai sample contoh habis Rp. 300.000,- untuk tanah dengan luas 65m2 dan bangunan 22 (sesuai PBB).

7. Sesudah membayar kita diminta untuk menunggu lagi beberapa saat untuk mendapatkan tanda terima yang selanjutnya akan dugunakan untuk pengambilan sertifikat kita.

8. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya proses pengajuan peningkatan hak selesai juga. Kita diberikan tanda terima dan akan diberitahu kapan sertifikat akan selesai. Saat ini sih sesuai janji petugas yaitu sekitar 8 hari akan selesai

9. Kembali  kembali pulang kerumah sobat, menunggu sampai sertifikat selesai dibuat
 

Itu saja  mengenai gambaran pengurusan sertifikat HGB ke SHM, mungkin dapat membantu sobat yang ingin melakukan hal serupa.

Sebainya  urus sendiri saja daripada menggunakan jasa Notaris karena biayanya pasti membengkak. tidak sampai 4  jam urusan selesai itu jika sobat punya banyak banyak waktu senggang / luang. Kalau punya uang lebih gunakan saja jasa notaries sobat tinggal duduk manis surat akan jadi di urus notaris

Sekian.

tag : menaikan hgb menjadi sertifikat shm, pengurusan sertfikat hgb rumah, bisakah hgb menjadi sertifikat rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *