Kiat Sukses Bisnis Jasa Konstruksi

Kiat sukses bisnis konstruksi bangunan

Mungkin Anda bingung bagaimana memulai bisnis jasa konstruksi. Sebagai informasi sedikit untuk Anda menurut Undang-Undang jasa Konstruksi, yang merupakan usaha jasa konstruksi adalah layanan jasa konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, layanan jasa pelaksanaan pekerjaan konstruksi, dan layanan jasa konsultansi pengawasan pekerjaan konstruksi yang bisa berbentuk perseorangan, badan usaha, atau instansi pemerintahan. Mengingat banyaknya lahan dan kebutuhan masyarakat akan sebuah bangunan maka sebuah jasa konstruksi sangat dibutuhkan saat ini. Nah, bagaimana memulai bisnis jasa bangun?

Membuat CV atau PT

Bisnis jasa konstruksi memang sangat berbeda jauh jika Anda berbisnis kuliner perumahan yang tak memerlukan sebuah badan usaha. Maka dari itu, jika Anda ingin sukses usaha jasa konstruksi, harus dimulai dengan membuat CV untuk membangung sebuah brand bahwa perusahaan Anda cukup profesional. Apalagi mengingat bahwa bisnis konstruksi biasanya untuk menangani pembangunan gedung yang memerlukan biaya yang sangat besar maka dari itu profeionalitas sebuah bisnis konstruksi sangat dibutuhkan. Untuk awal Anda harus membuats ebuah CV. Mulailah dengan menyiapkan nama CV, menentukan modal, membuat susunan organisasi, dan menentukan loaksi usaha dan bidang usaha.
Mungkin Anda bingung berapa banyak modal yang harus Anda siapkan. Berdasarkan ketentuan Undanga-undang khusus pembuatan PT berdasarkan UU No 40 tahun 2007 modal dasar perseroan ditentukan yaitu Modal dasar minimal Rp 50.000.000.

Tentukan Jenis Bisnis Anda

Jika Anda sudah memiliki modal dan sudah mendirikan sebuah CV atau PT, lantas langkah apa selanjutnya? Seperti yang Anda tahu bahwa bisnis ini biasanya mencakup banyak wilayah. Mulai dari konstruksi bangungan gedung atau bangunan sipil, renovasi rumah, usaha kontraktor supply material, usaha konstruksi jalan, jembatan, dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya Anda harus tahu dulu jenis yang akan dipilih. Sebagai referensi, berikut gambaran jenis bisnis jasa konstruksi yang terdapat dalam UU no 18 tahun 1999.

  • Perencanaan Konstruksi atau biasa disebut dengan Konsultan perencana yang memberikan layanan jasa perencanaan konstruksi, mulai dai studi pengembangan hingga penyusunan dokumen kontrak kerja konstruksi.
  • Pelaksana Konstruksi atau biasa disebut dengan Kontraktor Konstruksi yang bergerak di bidang layanan jasa pengawasan mulai dari penyiapan lapangan hingga akhir pekerjaan konstruksi.
  • Pengawasan Konstruksi atau biasa disebuat dengan Konsultan Pengawas yang memberikan jasa pengawasan baik sebagian atau keseluruhan pelaksanaan konstruksi mulai awal hingga akhir. ( sumber :  on

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *