Inggris Kekurangan Lahan, Harga Tanah naik

Mengertikah Anda Sobat Harga tanah naik terus ??, Ini terjadi di Negeri Inggris,  hingga negeri ini kekurangan lahan tanah Mangapa bisa demikian baca artikel ini.

Sudah menjadi keumuman  baku terjadi di bisnis dan industri properti. Jika pembangunan fisik terjadi sangat simultan di satu sisi, sementara sisi lainnya ketersediaan lahan terbatas, maka harga akan melesat cepat.


kekurangan lahan tanah

Bukan hanya  di Indonesia, tidak juga di Inggris. Bahkan di London, harga lahan sudah menemukan momentumnya, mengikuti tren yang digerakkan kawasan premiumnya. Sementara, pada saat yang bersamaan negara ini dihadapkan pada backlog(ketimpangan pasokan dan kebutuhan) hunian.

 

Inggris terpaksa harus membangun sebanyak 100.000 unit rumahhingga 2015 mendatang. Jumlah yang sangat besar jika mengacu pada kemampuan pengembang yang hanya sanggup membangun 10.000 unit per tahun.

Dengan jumlah tersebut sulit untuk dipenuhi mengingat harga lahan yang terus melonjak dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan riset Development Land Index Knight Frank, secara umum, harga tanah meningkat sebesar 7,3 persen hingga akhir kuartal I 2014. Pertumbuhan diprediksi bakal berlanjut dalam beberapa tahun ke depan.

Riset analisis  tersebut dihasilkan dari survei yang dilakukan terhadap 10 pengembang (responden). Sembilan dari 10 responden memperkirakan harga tanah akan meningkat tahun depan. Sekitar sepertiga mengharapkankenaikan antara 5 persen dan 10 persen, sementara lebih 29 persen mengharapkan peningkatan yang lebih besar hingga 15 persen. Mayoritas responden mengharapkan harga tanah perkotaan naik sebesar 10-15 persen.

Ketersediaan lahan untuk pembangunan tetap menjadi faktor kunci dalam sektor properti, dan sekarang telah menjadi topik panas dalam perdebatan politik. Indeks tersebut juga menunjukkan bahwa pembangun rumah harus memastikan lahannya telah dilengkapi perizinan, sehingga dapat membangun sesuai rencana dan waktu yang ditargetkan.

Bank tanah

Perdebatan politik yang terjadi di Parlemen baru-baru ini mengarah pada wacana pengumpulan lahan (landbank). Namun, Federasi Pengembang Perumahan justru mempertanyakan ide tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, hanya 4 persen lahan yang bisa dikembangkan untuk membangun rumah skala besar.

Padahal, sebelumnya, pemerintah telah merilis 430 situs lahan yang dapat dikembangkan untuk membangun 68.000 rumah, yang memungkinkan pemerintah memenuhi target pembangunan 100.000 unit rumah hingga 2015.

Walaupun demikian,tetap saja wacana bank tanah menimbulkan perdebatan berkepanjangan. Bahkan pengembang mengkhawatirkan pengumpulan lahan ini hanya akan membuat harga terus melonjak karena potensial untuk dijadikan alat investasi.Sumber kompas sudah diedit ulang

tag : harga tanah naik inggris kekurangan lahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *