Bisakah Menjual Rumah Sendiri

Bisakah Menjual Rumah Sendiri
Bisakah Menjual Rumah Sendiri

Banyak orang mengira bisa menghemat sejumlah uang bila menjual rumah sendiri daripada harus memberi komisi kepada agen properti (perantara). Memang, sebagian orang berhasil mengurus sendiri penjualan rumahnya. Tapi, untuk bisa menyamai keberhasilan mereka yang sukses, Anda harus melakukan berbagai pekerjaan.
Tugas agen property adalah mulai dari menentukan harga jual yang tepat, mencari pembeli potensial, merancang dan membayar iklan, menguasai legalitas (aspek hukum) penjualan rumah hingga menyiapkan dokumen untuk transaksi jual beli dan keperluan lainnya. Kerugian yang paling besar adalah waktu dan kemungkinan terjadinya kelalaian yang menyebabkan Anda terpaksa mengeluarkan sejumlah uang yang semula justru mau dihemat.
Faktor yang  terpenting menggunakan jasa agen properti adalah karena Ia memiliki jaringan (network) informasi baik offline / online  yang dapat membantu menjualkan rumah Anda dengan cepat dan mudah. Agen properti profesional mengerti tentang tren pasar dan harga yang tepat untuk rumah Anda. Mereka juga tahu siapa yang berpotensi untuk membeli rumah Anda dan terlatih untuk melakukan negosiasi dengan calon Pembeli. Jadi, seorang agen properti selalu siap dihubungi dan bersedia melakukan segala hal yang tidak Anda sukai : bekerja di hari Sabtu/Minggu, menjawab telepon setiap waktu serta harus selalu sabar dalam melayani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *