Apa Perbedaan Open Listing Dan Exlusive Listing

Apa Perbedaan Open Listing Dan Exclusive Listing.
Open Listing Dan Exclusive Listing

Pertama tama Anda harus tahu pengertian dasar apa itu  listing itu sendiri adalah perjanjian surat kuasa jual atau surat perintah untuk menjualkan properti dari pemilik properti kepada agen properti. Di dalam proses listing ada pemilik yang berminat menjual atau menyewakan propertinya, sekaligus ada orang yang berniat membeli properti dalam jangka waktu dekat atau menjual propertynya dalam jangka waktu yang cepat karena membutuhkan uang secepatnya maka Ia jual cepat property melalui agen property.
Open Listing ( daftar terbuka ), berarti memberikan kuasa rumah Anda untuk dipasarkan oleh sejumlah agen property penjualan  rumah ( broker property ). Namun, mereka tidak memiliki komitmen dalam hal waktu dan dana untuk memasarkan rumah Anda yang intinya kapan rumah akan laku tak dapat diprediksi secara pasti. Agent / broker  hanya menunggu, mencari  calon Pembeli yang berminat.  Alhasil  open listing penjual property rumah dengan agent property tidak terikat waktu kapan rumah akan laku semua berjalan saja mengalir tanpa ada batasan berapa hari / bulan rumah akan laku.  Open listing ini juga memungkinkan banyak agent property lain untuk menggarap penjualan rumah yang memungkinkan harga rumah menjadi turun  / naik karena banyaknya respon ke agent / broker.  
Ruginya bagi  Pemilik rumah  adalah pertimbangan waktu sebelum rumah Anda terjual memakan waktu yang lama kurang pasti tapi hal ini tidak merugikan penjual rumah jika jual rumah tujuan bukan buru buru mendapat uang tapi hanya menjual karena ingin mendapat untung dalam jangka yang lama,  walaupun lama tidak masalah. Seringkali, Anda tidak bisa mengontrol harga karena agen properti mungkin akan menurunkan harga agar tercapai kesepakatan wajar dalam jual beli pasti ada tawar menawar beli sepatu aja di mall pasti juga nawar yang penting jika harga pas ok jual saja itu intinya.  Selain itu, beberapa agen properti mungkin mengiklankan rumah Anda dengan harga yang berbeda-beda.
Exlusive Listing ( daftar khusus ), adalah hak yang diberikan Pemilik rumah kepada satu agen properti dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, agen properti dapat melayani Pemilik dengan pantas sehingga Pemilikpun dapat meminta perhatian agen properti untuk memasarkan rumahnya secara pantas pula.
Agen properti yang bekerja dengan sistem Exclusive Listing mampu mengontrol harga pasar tanpa perlu menurunkan harga dan ia akan menjual rumah Anda lebih cepat.

Apa untungnya Exclusive Listing?
Jawabannya adalah insentif ( broker utama diutamakan penjual rumah ) , memberikan kepada agen properti kepastian dan proteksi mengenai berapa lama waktu pemasaran dan usaha yang mereka lakukan akan dihargai. Hal ini menjadi alasan dari banyak  rumah yang dipasarkan melalui perjanjian Exclusive Listing. Ini adalah salah satu bentuk listing yang sifatnya terikat kepada salah satu agen yang telah ditunjuk. Sole agent bisa juga disebut dengan distributor resmi. Berbeda dengan open listing, dalam sole agent vendor boleh menjual properti tersebut sipenjual hanya menguasakan pada satu agent pemasaran agent saja.
Anda memilih yang mana open listing atau exclusive listing dalam menjual rumah  ? Pilihan pada sobat sendiri tergantung kebutuhan, cocoknya yang mana. Intinya dalam bisnis property broker / agent itu semua cocok cocokan jika cocok ambil jika tidak tinggalkan. 

tag : exlusive listing, open listing, keuntungan, kerugian, agent property listing, 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *