7 Kesalahan Umum Saat Memilih Warna Cat

7 Kesalahan Umum Saat Memilih Warna Cat

Tips Desain – Pemilihan warna merupakan salah satu bagian terpenting yang harus kita rencanakan dalam membangun sebuah bangunan. Hal ini akan sulit bagi kalian yang baru pertama kali merencanakan untuk membangun sesuatu. Tapi tenang aja, di artikel ini kami akan membahas 7 hal umum yang harus kamu hindari dalam hal memilih warna cat.

Mari kita simak 7 hal tersebut dibawah ini:

1. Membeli Cat Berdasarkan Warna Pada Kemasan.
Mungkin beberapa dari pembaca pernah ngalamin kekurangan cat, dan apesnya stok cat dengan merk yang sama lagi kosong di toko bangunan terdekat. Hati-hati lho, kadang warna pada merk cat yang berbeda tidak selalu sama. Sebelum membeli sebaiknya siapkan sampel warna cat yang sebelumnya terlebih dahulu. Kalian bisa mengoleskan sampel tersebut di tutup kaleng atau sarana lainnya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya kalian tidak rugi jika ternyata salah beli cat.

2. Efek Cahaya di Toko Mempengaruhi Warna Cat.
Hati-hati memilih warna cat berdasarkan tampilan display yang dipajang di toko bangunan. Pihak toko sengaja menata display dengan efek pencahayaan yang belum tentu sama dengan warna yang kalian butuhkan. Terkadang, efek cahaya pagi, siang dan malam juga memberikan hasil yang berbeda-beda. Sebagai tips, hindari pemilihan warna yang kira-kira tidak sesuai dengan tata letak ruang yang kalian inginkan.

3. Menyelaraskan Warna Dinding Dengan Furniture.
Sebelum merancang desain interior, sebaiknya rencanakan dulu material furniture atau perabot yang akan kalian gunakan nantinya. Salah memilih furniture bisa berakibat fatal jika ternyata warna dinding yang kalian gunakan tidak serasi. Sekedar tips, jika warna dinding yang kalian pilih berwarna terang, gunakan perabot yang berwarna cerah, begitu juga sebaliknya.

4. Konsisten Dengan Takaran Cat.
Takaran cat yang tidak konsisten sudah pasti mengakibatkan hasil warna dinding tidak sama alias belang-belang. Untuk menghindari hal ini, kalian perlu menakar campuran cat dengan wadah pengukur. Jangan sampai ada yang kurang ataupun kelebihan.

5. Cat Minyak Lebih Awet.
Nah ini dia nih yang kesalahan yang lumayan fatal jika Anda lakukan. Cat minyak fungsinya hanya untuk melapisi atau mewarnai material yang rentan terhadap air dan lembab seperti: kayu dan besi. Jika semula kalian memilih menggunakan cat minyak di tembok karena alasan supaya awet alias hemat, kalian salah besar! Harga cat minyak tentunya lebih mahal dari cat air. Jika terjadi kesalahan dalam proses pengecatan maka sudah pasti biaya yang kalian keluarkan lebih besar.

6. Warna Gelap Akan Memberikan Kesan “Ngeri”
Jika kalian hidup di jaman dahulu mungkin akan berkesan ngeri. Namun, saat ini perkembangan teknologi telah mengubah alasan tersebut. Dengan efek pencahayaan dan desain interior yang terukur, warna gelap tersebut akan memberikan kesan yang unik bagi Anda.

7. Memilih Warna Cat Berdasarkan Warna Favorit
Kalau yang satu ini mungkin sulit untuk kalian atasi, terlebih jika kalian hanya memiliki 1 warna favorit. Bayangkan jika dalam 1 rumah ada 5 orang, dan masing-masing diantaranya memiliki warna favorit yang berbeda-beda. Butuh waktu dan anggaran lebih untuk proses realisasinya. Lagian hidup akan sangat monoton apabila tiap hari hanya melihat 1 warna saja.

Itu dia 7 Kesalahan Umum Saat Memilih Warna Cat, semoga tips yang kami berikan ini berguna untuk Anda.

Artikel dibuat oleh: WikiProperti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *